Garuda Airlines Rangkul Travel Agent Indonesia

Garuda Indonesia Travel Fair (GITF)

Garuda Indonesia terus menjaring konsumen ritel domestik dengan mengadakan pameran perjalanan di lima kota pada 2011. Menggandeng puluhan travel agent di masing-masing kota, maskapai penerbangan nasional tersebut menargetkan transaksi total Rp 25 miliar. Mereka juga mengandalkan paket perjalanan wisata sekaligus tiket pesawat pulang-pergi (PP) dengan potongan harga.

VP Marketing PT Garuda Indonesia Tbk Don JP Bustan menjelaskan bahwa event Garuda Indonesia Travel Fair (GITF) memang sudah diadakan di Jakarta sejak 2008. Baru pada tahun ini, pelaksanaannya bertambah di empat kota. Yakni Bandung (18-20 Februari), Surabaya (25-27 Februari), Makassar (4-6 Maret), dan Medan (11-13 Maret). "Ditutup dengan GITF di Jakarta pada Oktober mendatang," kata dia di sela pembukaan GITF Surabaya di Tunjungan Plaza kemarin.

Even tersebut tak sekadar menjadi tempat promosi harga maupun rute tujuan dari Garuda Indonesia. Namun juga merupakan ajang eduksi bagi masyarakat luas, mengenai perusahaan yang baru saja melantai di bursa. "Selama ini, sebagian masyarakat lebih memilih maskapai lain sebelum akhirnya menggunakan Garuda Indonesia, karena masalah harga tiket pesawat yang dianggap lebih tinggi," jelas Don.

"Di sini, kami menjelaskan bahwa masyarakat memiliki pilihan, jika terbang menggunakan Garuda Indonesia. Mulai dari pelayanan full service, tidak perlu mengantri, hingga adanya Garuda Indonesia Experience yang membedakan dengan maskapai low cost carrier (LCC) lainnya," tambahnya.

Don mengakui, bahwa untuk menjaga kualitas dan kuantitas layanan, Garuda Indonesia tak bisa masuk ke ranah perang tarif seperti LCC lainnya. Di mana harga bisa berubah lebih murah dalam hitungan hari saja, saat melihat kompetitor menurunkan harga. Ini menyebabkan saat ini 68 persen pendapatan perusahaan berasal dari segmen korporasi. "Mereka ini terbang dibayar kantor," katanya.

Untuk itu, Garuda Indonesia berusaha mengenjot jumlah penumpang ritel melalui even semacam GITF. Terbukti, dalam acara yang diselenggarakan di Bandung, mereka mampu meraup penjualan tiket pesawat hingga Rp 3,6 miliar, melebih target awal Rp 3 miliar. Sementara untuk tiga hari pameran di Surabaya, target transaksi Rp miliar diharapkan bakal terlampaui.

Disebutkan, dalam GITF Surabaya, calon pembeli bisa mendapatkan harga tiket pesawat ke seluruh rute tujuan Garuda Indonesia, baik internasional maupun domestik, dengan potongan harga 25 persen bila menggunakan salah satu kartu kredit bank swasta. Pengunjung pameran juga bisa memilih paket perjalanan yang sudah di-bundling dengan tiket pesawat PP.

www.jpnn.com
© Copyright 2019 bintang tiket bogor