Tiket Pesawat Online Ironi Travel Agent

Tiket Pesawat Online Maskapai VS Travel Agent.. Suatu Dilema



Persaingan bisnis tiket pesawat Dewasa ini semakin kompetitif semenjak seluruh maskapai penerbangan menggunakan sistem elektronik tiket, hal ini dapat dilihat menjamurnya bisnis tersebut di jagad maya ini. Malahan ada yang menawarkan untuk menjalankan bisnis ini hanya dengan modal awal 200.000. Sungguh sangat ironis. Hal inilah yang dapat menghancurkan kredibilitas suatu maskapai. Mengapa saya mengatakan begitu? karena dengan menjamurnya penjualan tiket pesawat? yang tanpa dengan pengawasan resmi dari pemerintah, maka dapat menyebabkan harga tiket pesawat tidak terkontrol dan melambung tinggi, dan pada akhirnya menjamurnya praktek-praktek percaloan yang tidak dapat di pertanggung jawabkan.

Semua orang dapat menjual tiket pesawat. Yang menggelikan muncul di benak kita, kalau semua orang dapat menjual tiket pesawat, lantas siapa yang akan menjadi konsumennya? :).


Maka di sinilah yang harus di perhatikan maskapai yang ada di indonesia ini, setiap maskapai haruslah lebih selektif dalam meluncurkan sistem penjualan tiket pesawat online. Dan seluruh travel agent yang ada di indonesia ini seharusnya di pelihara kelangsungannya, jangan justru di jadikan rival mereka dalam melakukan penjualan tiket pesawat. mengapa saya dapat mengatakan "rival" . bagaimana tidak, saat ini seluruh maskapai mengeluarkan website penjualan masing-masing dan terus meningkatkan kemudahan dalam melakukan pemesanan tiket pesawat, baik melalui kerjasama bank maupun hal lainnya.

Kalau sudah begini, nasib travel agent di seluruh indonesia akan segera berakhir dan setiap orang akan mampu untuk melakukan penjualan tiket pesawat. Mengapa saya mengatakan demikian. Karena, sistem penjualan tiket pesawat online yang di keluarkan pihak maskapai saat ini dapat memudahkan setiap orang menjual tiket pesawat ke setiap orang tanpa dapat di pertanggung jawabkan, karena tanpa proses penjualan yang selektif. Tidak seperti garuda airline dan merpati, mereka sangat selektif dalam melakukan proses penjualan secara online di website mereka. Hanya orang-orang yang terdaftar yang dapat melakukan pembelian tiket di website mereka. yakni orang yang melakukan booking tiket online tersebut harus ikut berangkat di dalam penerbangan. Nah hal tersebut, setidaknya membuat orang yang ingin menjadi calo akan berfikir ulang, apakah mereka harus ikut berangkat setiap mereka mencoba menjual tiket tersebut??.

Hal yang saya sampaikan ini sesungguhnya harus menjadi perhatian bagi setiap maskapai jika mereka ingin kredibilitas mereka terjaga. Dan janganlah travel agent yang selama ini menjadi pion mereka di lapangan justru perlahan-lahan namun pasti di korbankan karena ambisi kapitalisme mereka. Setidaknya, dengan kehadiran travel agent di indonesia ini, dapat meredam tindakan-tindakan percaloan yang tidak dapat di pertanggung jawabkan. Dan setidaknya, tidak menghilangkan ratusan ribu lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia ini. Janganlah menambah beban pemerintah lagi yakni meningkatkan pengangguran, bukannya malah menciptakan lapangan pekerjaan bagi rakyat kita yang sudah melarat ini.

Kehadiran travel agent di indonesia ini, setidaknya dapat menjaga harga tiket pesawat tetap murah. Dan konsumen dapat melakukan pemesanan dan mendapatkan pelayanan yang prima yakni menawarkan tiket pesawat promo khusus. Dan konsumen dapat meminta pertanggung jawaban dari travel agent mengenai tiket pesawat yang telah mereka pesan.


Palembang, 31 Januari 2011
Admin www.tiketpesawatkamu.com



Artikel Lainnya :
© Copyright 2019 bintang tiket bogor