Lion Air Pensiunkan pesawat tua jenis MD

Lion Air Pensiunkan pesawat tua jenis MD

JAKARTA (Bisnis.com): Maskapai Lion Air melanjutkan program penyingkiran (face out) pesawat berumur tua jenis MD-90 dan MD-82 untuk memuluskan pelepasan dari daftar larangan terbang Uni Eropa (UE) pada awal tahun depan.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan program face out pesawat tua dibarengi dengan kedatangan pesawat baru jenis B737-900 ER dari pabrikan Boeing AS.

Face out tetap kami lanjutkan seperti yang diprogramkan untuk mengganti pesawat tua dengan pesawat baru, katanya hari ini.

Sampai saat ini, Lion masih mengoperasikan enam pesawat tua dengan rincian lima jenis MD-90 dan satu pesawat MD-82 sebagai cadangan untuk mengganti pesawat lain yang mengalami kerusakan atau keterlambatan.

Keenam pesawat itu, yakni MD-90 registrasi PK-LIP, PK-LIO, PK-LIM, PK-LIL dan PK-LIK, sedangkan pesawat MD 82 memiliki registrasi PK-LMY buatan 1985.

Dia menegaskan pihaknya juga akan melengkapi data seperti yang diminta Komite Keselamatan Penerbangan UE terutama informasi mengenai kecelakaan sejak 2004 hingga saat ini.

Edward akan belajar dari pengalaman kegagalan pencabutan larangan terbang maskapainya dari daftar airline ban UE pada akhir Mei lalu. Kami akan siapkan sebaik mungkin data itu. Namun, namanya juga ujian kami tidak yakin yang ditanyakan UE sama seperti sebelumnya, tutur Edward.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Yurlis Hasibuan menceritakan pihaknya akan mengajukan kembali pencabutan larangan terbang Lion Air dari daftar larangan terbang UE pada awal tahun depan. Rencananya, menurut dia, pengajuan Lion akan satu paket dengan usulan maskapai Sriwijaya Air dan Travira Air.

Sebelumnya, UE mengeluarkan maskapai Batavia Air dan Indonesia AirAsia dari daftar larangan terbang ke Eropa sedangkan Lion Air gagal menyakinkan UE.(yn)

Sumber: Bisnis.Com
Lion Air Pensiunkan pesawat tua jenis MD
http://web.bisnis.com/sektor-riil/transportasi/1id193169.html
© Copyright 2019 bintang tiket bogor