Harga Tiket Pesawat Diperkirakan Terus Melonjak Hingga Lebaran

Kenaikan harga tiket pesawat, dan hotel yang telah terjadi sejak Mei 2010 diperkirakan akan terus berlanjut sampai Lebaran karena tingginya permintaan.

Ana, bagian tiket pesawat Tisa Wisata yang berkantor di ruko kawasan Tri Lomba Juang di Semarang, Kamis, mengatakan tarif tiket pesawat dan kamar hotel naik karena tingginya permintaan tiket pesawat.

Ia mencontohkan tarif tiket pesawat dari Palembang ke Jakarta dengan Lion Air yang biasanya hanya Rp 300 ribu, pada Rabu (23/6) terjual seharga Rp 700 ribu hingga 800 ribu untuk kelas ekonomi.

Perusahaan penerbangan lain yakni Mandala, harga tiket pesawat Semarang ke Jakarta yang biasanya Rp270 ribu hingga Rp280 ribu, pada saat liburan panjang sekarang naik menjadi Rp400 ribu sampai Rp500 ribu.

"Pesanan tiket pesawat dilakukan jauh hari. Untuk penerbangan menjelang Lebaran saat ini sudah banyak yang pesan. Bahkan ada 'airline' yang 'fullbook' sampai H-3 Lebaran," kata Ana.

Ana mengatakan, pemesanan tiket pesawat banyak terjadi pada Mei 2010 di antaranya untuk penerbangan ke Denpasar dan Jakarta. Untuk penerbangan ke Denpasar dari Semarang menggunakan Wings Air harga tiket pesawat yang sebelumnya Rp600 ribu naik menjadi Rp1,3 juta.

Pemesanan tiket pesawat mengalami kenaikan dari yang biasanya satu hari 20 hingga 25 calon penumpang, saat ini bisa menjadi 30 hingga 35 calon penumpang per hari.

Sementara untuk pemesanan hotel, Ana menjelaskan, banyak warga Semarang memesan hotel di Denpasar, Bali. Harga kamar untuk hotel melati naik Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per orang per malam.

"Jika harga kamar di hotel bintang Rp500 ribu, sekarang ditambah Rp250 ribu menjadi Rp750 ribu per malam per orang," katanya.

Kenaikan pemesanan tiket, juga dialami Nusantara Tour and Travel yang berada di kawasan Simpanglima, Semarang.

Rosi, supervisor Outbond menjelaskan kenaikan pemesanan tiket pesawat mencapai 30 persen sejak Mei 2010 untuk penerbangan internasional Juni 2010.

"Sementara untuk yang penerbangan domestik, pemesanan tiket pesawat lebih banyak 45 persen. Pemesanan kamar hotel juga mengalami kenaikan 30-40 persen. Kami melayani pembuatan paspor dan visa yang juga mengalami kenaikan," katanya.
© Copyright 2019 bintang tiket bogor