Travel Agent Cemaskan Ekspansi Tiket Airlines

Peluang bisnis tiket pesawat yang dijalankan travel agent tahun ini tampaknya agak suram. Pihak airlines mulai tidak tergantung dengan travel agent dalam memasarkan tiket pesawat.
Menurut ketua umum DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Ben Sukma Nasution, saat ini pihak biro perjalanan justru malah bersaing dengan pihak airlines dalam memasarkan tiket pesawat. Pihak airlines terus memperluas jaringan pemasarannya lewat internet, termasuk bekerjasama dengan pihak lain seperti bank.

"yang jelas kita sedang susah berkompetisi dengan airlines karena mereka terus memperluas jaringan pemasaran tiket pesawat lewat internet, kerjasama dengan bank dan mau menghilangkan ketergantungan terhadap biro perjalanan. Sehingga peluang bisnis mendapatkan konsumen jadi lebih sulit, "ungkap Ben, kepada Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin. Dia menunjukkan data pada tahun 2008, tiket pesawat yang dijual biro perjalanan untuk airlines mencapai 70 persen. sedangkan untuk tahun 2009, penjualan turun 10 persen menjadi 60 persen. diperkirakan, tahun 2010, peluang bisnis tiket pesawat akan semakin merosot. "tahun 2010 nampaknya akan terus menurun. Tapi kita belum tahu berapa persisnya penurunan itu terjadi, "urai Ben.

Menurut Ben, sebenarnya jumlah penumpang pesawat tiap tahun naik hampir 30 persen. namun sayang, peningkatan tersebut tidak dibarengi naiknya penjualan tiket pesawat oleh biro perjalanan. "padahal penumpang pesawat kalau dilihat dari grafiknya terus mengalami peningkatan, " keluh Ben. Untuk itu, dia berharap, paling tidak pihak airlines tidak menghapuskan ketergantungannya terhadap biro perjalanan, karena apa yang didapat sebenarnya sama. "yang bisa kita berikan cuma pelayanan lebih. Konsumen belum tentu mendapatkan pelayanan lebih jika melakukan pembelian tiket pesawat langsung dari airlines melalui ATM atau kartu kredit, " terangnya.

Beberapa pengelola tour and travel menyatakan tidak terlalu khawatir dengan langkah airlines membuka agen tiket pesawat online. menurut Ayin, pengelola tour travel di Jakarta Timur, tidak semua masyarakat mengerti dengan internet dan paham dengan agen tiket airline. ujar ayin.


Menanggapi kenyataan yang telah terjadi diatas, kini www.tiketpesawatkamu.com telah memberikan terobosan baru di dunia penerbangan, khususnya sebagai Travel Agent yakni dengan membuka pelayanan reservasi secara online. konsumen tidak perlu direpotkan dengan harus mempelajari terlebih dahulu untuk bagaimana mendapatkan tiket pesawat yang ditawarkan oleh pihak airline melalui internet. cukup hanya dengan berkomunikasi langsung via yahoo messenger atau facebook yang sedang populer saat ini, konsumen sudah dapat mendapatkan tiket pesawat dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun. tentunya dengan pelayanan yang memuaskan. cukup hanya dengan bertanya, booking, transfer dan kirim, tiket pesawat sudah didapatkan dalam sekejap. gampang khan :)
© Copyright 2019 bintang tiket bogor